PENDIDIKAN BUKAN SATU SATUNYA JALAN MENUJU SUKSES

PENDIDIKAN BUKAN SATU SATUNYA JALAN MENUJU SUKSES
SUKSES
PENDIDIKAN BUKAN SATU SATUNYA JALAN MENUJU SUKSES - Yah ungkapan bahwa pendidikan bukan satu satunya menuju jalan kesuksesan memang sedikit saya masih bisa kita maklumi. 

Karena untuk menjadikan sukses, kita harus mengerti dahulu apa yang dinamakan atau apa arti dari kesuksesan tersebut. 

Bagi seorang petani mungkin arti sukses adalah bisa menanam padi dengan luas 10 hektar dan bisa panen setiap musim, Berbeda lagi arti sukses bagi nelayan karena menurut nelayan kesuksesan nya adalah bisa memiliki 4 atau lebih perahu yang bisa di gunakan dalam mencari ikan dan menghasilkan uang, 

Beda lagi dengan seorang guru karena dalam niat dan bakti seorang guru arti sukses bagi beliau adalah bisa menghasilkan sebanyak banyaknya murid yang bisa berakhir dengan kesuksesan,

Dari mulai kita usia 4 tahun kita sudah di jejali dengan aneka pembelajaran tentang pendidikan., Usia 4 tahun kita masuk di sebuah komonitas pendidikan yang bernama PAUD. Dan di sana kita di ajarkan berbagai ilmu yang sebenarnya bisa di ajarkan atau dipelajari di rumah. 

Tetapi karena lingkungan dan keinginanan untuk bersosialisasi maka kita pun masuk ke pendidikan dengan nama PAUD.Setelah masuk PAUD kita kembali masuk dunia pendidikan dengan nama TK Besar dan TK kecil. 

Lembaga ini terkadang membuat saya gagal faham. Karena perbedaan apa yang mendasari adanya besar dan kecil pada toh sama saja namanya tetap Taman kanak kanak ( TK ) disitu hanya bermain, bernyanyi, menggambar dan memwarnai. 

Bukan disuruh menghafal dan berfikir karena otak anak kecil yang ada hanya kesenangan.

Tiba masuk ke sekolah dasar ( SD ) Sekolah dimana ada tingkatan nya berjumlah 6 kelas. Dan penggunaan kata sekolah dasar semestinya tidak usaha di gunakan , Karena sebelumnya masuk ke SD kita sudah terlebih dahulu masuk ke PAUD Dan TK kecil dan besar. 

Harusnya yamg menjadi sekolah dasar adalah di saat kita masuk ke jenjang PAUD. Selanjutnya SLTP Dan SLTA yah kita di jejali dengan pendidikan pendikan yang bersifat formal. Sedangkan ada faktor yang bisa mendukung kesusksesan seseorang selain pendidikan formal yaitu pendidikan informal. 

Pendidikan yang menuntut akan ketrampilan dan keahlian. Dimana kita akan berhadapan dengan suatu realita permasalahan dan kita di haruskan menyelesaikannya. Pendidikan Informal inilah yang seharusnya kita pelajari dan pendidikan dasar kita adalah AGAMA. 

Karena dengan pondasi dasar agama maka nilai nilai dari luhurnya budi dan sikap yang baik akan terjadi apabila cara kita berbicara, bertindak dan berfikir baik.

Kuliah hanya sebagai sarana juga untuk mendapatkan gelar karena saat ini sudah ratusan ribu para sarjana yang masih menganngugur dan apa yang menyebabkan mereka menganggur. 

Tentu bukan karena pendidikan karena pendidikan mereka sudah sarjana. Dan bila kita telisik lebih maka permasalahannya ada pada mentakl dan karakter mereka. Mental dan karakter yang hanya menjadi karyawan bukan mental menjadi seorang yang penuh tantangan. 

Berharap pada kondisi nyaman dan tak mau berani mengambil sebuah kesempatan. Itulah sedikit tenmtang karakter sarjana kita sekarang.

Sejatinya hanya karakter , kerja keras dan semangatlah yang bisa untuk meraih sebuah kesuksesan. Pendidikan hanya sebagai landasaran kita berpikir bukan landasan mencari kesuksesan. Untuk sarjana yang masih menganggur. 

Mari kita bangkit dan mari kita songsong masa depan kita, Kalau bukan kita sendiri lantas siapa lagi yang akan mengantarkan kita pada pintu kesuksesan. 

Kalian Tak bisa hanya mengandalakan gelar di belakang atau di depan namamu. Selain gelar kamu juga memerlukan sebuah semangat yang selalu berapi api dan sebuah kerja keras yang tak kenal menyerah. 

Ketika sudah memasuku dunia pekerjaan atau bisnis maka kamu akan menemukan sebuah pembelajaran baru, dimana kamu akan belajar bagaimana berdiskusi, bagaimana bernegosiasi dan bagaimana kamu akan memasarkan sebuah produk kamu. 

Karena setiap jalan yang akan kau lewati ibarat sebuah anak tangga untuk menuju suatu hal dari yang namannya kesuksesan.

Semangat dan bekerja keraslah...

0 Response to "PENDIDIKAN BUKAN SATU SATUNYA JALAN MENUJU SUKSES"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel