Stop plagiat

Saya melihat banyak teman-teman yang mempunyai blog tetapi masih sibuk dengan rewrite, small seo tools, plagiarism dll. Banyak di antara kita yang mengolah artikel atau berita buatan orang lain. Dimix, dispin, dikocok, diutak-atik untuk mencari keunikan dan menghindari plagiarism.
Hal itu tidak salah. KIta berhadapan dengan mesin. Mesin harus "diakali". Tapi....
Seberapa banyak diantara kita yang ada di sini memiliki kontribusi nyata berupa artikel yang original? Apakah Anda pernah membuat tulisan yang asli merupakan karya Anda sendiri?
Come on! Sudah saatnya kita beralih menjadi kreator bukan rewriter. Saya bisa kasih contoh kalau Anda ingin membuat konten asli.
Misal seputar UKM.
Datangi setiap ada pameran UKM, atau Anda jalan-jalan dan ketika melihat sebuah usaha yang moncer, Anda datangi, lakukan wawancara, tulis, rekam, susun menjadi sebuah artikel. Lengkapi dengan foto. Unggah ke blog Anda.
Akan lebih baik jika Anda buat menjadi sebuah website profesional. Menjadi rujukan banyak orang, menjadi referensi ribuan orang yang sedang ingin membangun usaha kecil.
Anda bisa wawancara ke penjual nasi goreng yang rame dan laris, tanya kiatnya apa saja. Anda bisa mendatangi tukang mebel yang setiap bulan ekspor keluar negeri.
Datangi mereka, lakukan wawancara dan jadikan tulisan. Jika beruntung, mereka justru akan menjadi donatur buat Anda untuk dijasikan biaya mengelola website.
Google Adsense hanyalah bonus. Meski terkadang "hanya" sebuah Pajero.
Selain itu, semakin Anda banyak bertemu orang, maka ide akan semakin luas.

0 Response to "Stop plagiat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel