KRITERIA MEJA CAFE UNTUK KENYAMANAN PELANGGAN

Berdasarkan banyaknya customer yang merasakan kelelahan fisik serta kurang leluasa pada saat menggunakan meja cafe yang sudah ada, maka dilakukan perancangan meja cafe yang lebih ergonomis guna meningkatkan kenyamanan customer. 

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kenyamanan customer terhadap meja yang diproduksi, peneliti melakukan penyebaran kuisioner yang selanjutnya dilakukan analisis uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program SPSS.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil riset di Excelso Cafe DP Mall Semarang untuk perancangan meja cafe yang ergonomis guna meningkatkan kenyamanan pelanggan didapat hasil perhitungan ukuran meja yang lebih ergonomis yaitu panjang meja 71 cm, lebar meja 71 cm dan tinggi meja 72 cm. 

Selain memperhatikan dimensi meja, kebutuhan customer juga diperhatikan dengan memberikan inovasi laci kecil guna meletakkan cangkir/gelas serta meja lipat guna meletakan netbook/laptop sehingga customer dapat tetap menggunakan fasilitas hotspot sembari menikmati hidangan.
Meja Cafe Planet Meubel
Meja Cafe Planet Meubel

Tingkat kenyamanan customer diidentifikasi dengan cara penyebaran kuisioner yang selanjutnya dilakukan uji validitas untuk mendapatkan hasil yang valid serta reliabel. Berikut adalah persentase pendapat responden untuk tiap pernyataan yang valid:

a. Atribut Bentuk

1) Kriteria A2 dapat disimpulkan sebanyak 56% menjawab setuju hal tersebut menunjukan bahwa kreatifitas dari desainer/perancang sangat inovatif.
2) Kriteria A3 dapat disimpulkan 48% responden menjawab setuju artinya bentuk meja cafe yang diproduksi sangat menarik.
3) Kriteria A4 dapat disimpulkan 68% responden menyatakan finishing atau penyelesaian dari meja sangat rapi dan bersih.
4) Pada kriteria A5 sebanyak 68% respoden setuju apabila luas meja sudah mencukupi kebutuhan responden.
5) Kriteria A6 dapat disimpulkan sejumlah 42% responden berpendapat bahwa tinggi meja sudah sesuai dengan kondisi responden sehingga responden merasa nyaman pada saat menggunakan meja tersebut.

b. Atribut Kinerja

1) Pada kriteria B3 diambil kesimpulan sebesar 64% menyatakan inovasi laci kecil sangat bermanfaat bagi responden untuk meletakan cangkir atau gelas.

2) Pada kriteria B4 sebanyak 60% responden berpendapat bahwa desain meja yang bertingkat atau multifungsi memudahkan responden pada saat ingin tetap menggunakan hotspot sembari menikmati hidangan.
3) Kriteria B5 dapat disimpulkan sebesar 64% responden sependapat bahwa kolong meja sangat bermanfaat untuk meletakkan barang bawaan.
c. Atribut Kenyamanan
1) Kriteria C1 mempunyai kesimpulan sebesar 52% responden setuju bahwa pada saat menggunakan meja responden tidak merasakan kelelahan fisik.
2) Pada kriteria C2 sebanyak 60% responden setuju apabila tidak terjadi pembungkukan pada saat menggunakan meja tersebut.
3. Untuk menghasilkan output yang lebih besar, dianjurkan Excelso Cafe lebih memperhatikan fasilitas-fasilitas yang digunakan oleh customer seperti meja dan kursi. Diharapkan meja dan kursi yang digunakan nantinya lebih memperhatikan konsep ergonomis agar memberikan kesan nyaman saat digunakan.
4. Dalam perancangan produk selain memperhatikan ukuran yang ergonomis serta keinginan konsumen, juga harus memperhatikan dari sisi kekuatan dan keamanan pada saat digunakan. Diharapkan produk yang dihasilkan selanjutnya dapat lebih baik dari desain sebelumnya serta dapat memperkecil kelemahan-kelemahan dari desain yang sudah ada.

Baca Juga ;

0 Response to "KRITERIA MEJA CAFE UNTUK KENYAMANAN PELANGGAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel