Gagal Membuat Perencanaan, Maka Merencanakan Kegagalan

Rencana adalah sebuah kegiatan dimana kita membuat sketsa sketsa tentang apa yang akan kita lakukan.perencana juga dalah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. 

Ada juga yang  berpendapat bahwa  perencanaan adalah perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, siapa yang melakukan, bilamana, di mana, dan bagaimana cara melakukannya.

Dari pengertian-pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa perencanaan adalah kegiatan yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan dan dalam perencanaan itu mengandung beberapa unsur, diantaranya sejumlah kegiatan yang ditetapkan sebelumnya, adanya proses, hasil yang ingin dicapai, dan menyangkut masa depan dalam waktu tertentu.

Setelah kita mengetahui pengertian tentang perencanaan maka langkah apa saja agar perencanaan itu bisa berjalan baik. Untuk bisa berjalan baik dalam perencanaan ada beberapa langkah, diantaranya adalah:
1.    Tahap I    : menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan,
2.    Tahap II    : merumuskan keadaan saat ini,
3.    Tahap III    : mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, dan
4.    Tahap IV   : mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan.

Seperti hanya kita akan membuat sesuatu usaha maka perencanaan ini harus bermuara pada keuntungan. Jadi perencanaan yang kita buat harus bermuara pada hasil terakhir usaha yaitu keuntungan.

0 Response to "Gagal Membuat Perencanaan, Maka Merencanakan Kegagalan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel